Jakarta, denting.id – Ketika masyarakat berlibur dan bersilaturahmi merayakan Hari Raya Idul Fitri, para aparatur sipil negara (ASN) tetap berada di garis depan pelayanan.
Dari rumah sakit hingga sistem layanan digital kepegawaian, dedikasi mereka tak mengenal jeda.
Atas semangat itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Zudan Arif menyampaikan apresiasi secara langsung.
“Kami sangat menghargai dedikasi rekan-rekan ASN yang tetap harus bekerja di tengah libur Lebaran, seperti tenaga kesehatan yang siaga di rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas medis lainnya, petugas Dinas Perhubungan yang memastikan kelancaran arus mudik dan transportasi, termasuk para ASN yang bekerja melayani di lapas, serta bidang layanan publik lainnya.
Ini adalah bukti nyata komitmen ASN untuk melayani masyarakat tanpa henti,” ujar Zudan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (5/4).
Zudan menekankan bahwa semangat melayani masyarakat tidak boleh surut, bahkan di tengah suasana hari raya.
Baca juga : Didit Prabowo Kunjungan Lebaran ke Megawati dan Jokowi, Dipuji Wapres Gibran
Ia menyoroti pula bagaimana di lingkup internal BKN, para pegawai tetap menunjukkan produktivitas tinggi dalam mendukung pelayanan administrasi kepegawaian selama periode libur nasional.
Tercatat, sepanjang 28 Maret hingga 4 April 2025, BKN berhasil memproses 479 surat usul kepegawaian dan menerbitkan sebanyak 4.005 Pertimbangan Teknis Nomor Induk Pegawai (Pertek NIP).
Selain itu, berbagai layanan ASN berbasis digital seperti Sistem Informasi ASN (SIASN) dan portal pengaduan daring tetap aktif dan dapat diakses selama libur, memastikan bahwa pelayanan kepegawaian tidak terputus.
Dengan demikian, instansi pemerintah dan masyarakat tetap dapat menjalankan proses penting seperti pengajuan NIP, kenaikan pangkat, mutasi, dan pensiun tanpa hambatan meskipun dalam masa cuti bersama.
“Komitmen ini sejalan dengan visi BKN untuk memastikan kesinambungan pelayanan publik, termasuk dalam momen penting seperti hari raya,” jelas Zudan.
Ia juga mengingatkan seluruh ASN agar terus menjaga profesionalisme dan semangat pelayanan kapan pun dibutuhkan.
“Kami mengingatkan seluruh ASN untuk tetap menjaga semangat pelayanan dan profesionalisme, terutama di momen-momen penting seperti ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin,” tambahnya.
Lebih lanjut, Zudan menegaskan bahwa BKN akan terus mendorong inovasi dalam layanan kepegawaian serta mendukung kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM ASN yang adaptif dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat.