Jakarta, denting.id – Dunia pariwisata Indonesia bersiap melompat ke era digital. Kementerian Pariwisata bersama platform perjalanan daring Agoda resmi meluncurkan Agoda Digital Tourism Academy di Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Jumat (9/5), sebagai bagian dari transformasi sektor pariwisata menuju visi Tourism 5.0.
Langkah ini ditujukan untuk memperkuat ekosistem pariwisata digital yang inklusif dan berkelanjutan, sekaligus meningkatkan kapasitas SDM di bidang pariwisata melalui pendidikan vokasi. “Kerja sama ini mempercepat penguatan tenaga kerja masa depan yang siap bersaing secara global,” ujar Masruroh, Staf Ahli Bidang Transformasi Digital dan Inovasi Pariwisata.
Akademi ini akan diperluas ke berbagai daerah, membekali mahasiswa dengan keterampilan digital dan pemahaman industri berbasis data dan teknologi cerdas.
Baca juga : Terungkap Kronologi Penangkapan Jonathan Frizzy Terkait Vape Berisi Obat Keras
Senior Country Director Agoda Indonesia, Gede Gunawan, menegaskan bahwa kolaborasi ini bukan sekadar promosi destinasi, melainkan juga investasi jangka panjang dalam pengembangan SDM. Sementara Direktur Poltekpar NHI Bandung, Anwari Masatip, menyebut program ini sebagai peluang emas bagi mahasiswa untuk belajar langsung dari pelaku industri global.
Kemitraan tiga tahun ke depan juga akan meliputi promosi pariwisata berkelanjutan, pemberdayaan komunitas lokal, dan digitalisasi destinasi. Ini sekaligus mendukung lima program prioritas Kemenparekraf tahun 2025, termasuk Gerakan Wisata Bersih dan Penguatan Desa Wisata.