JAKARTA, Denting.id – Hasil penelitian terbaru dari Pew Research Center pada tahun 2024 mengungkapkan bahwa tren penggunaan media sosial di kalangan Generasi Z (Gen Z) di Amerika Serikat (AS) mengalami perubahan signifikan. YouTube kini menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan oleh remaja berusia 13-17 tahun, mengalahkan TikTok dan Instagram.
Baca juga : Viral, Driver Ojol Tendang Pesepeda di Jalur Sepeda Jalan Sudirman Jakarta
Survei yang dilakukan pada periode 18 September hingga 10 Oktober 2024 tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 73% remaja di AS menggunakan YouTube setiap hari, dengan 15% di antaranya melakukannya secara konstan. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan platform seperti TikTok atau Instagram, meskipun masih terdapat sekitar 60% remaja yang memilih menggunakan kedua aplikasi tersebut.
Selain YouTube, Snapchat juga menjadi pilihan populer dengan 55% remaja mengaku menggunakan aplikasi tersebut secara rutin.
Baca juga : Viral Keributan di Pintu Masuk Kebun Raya Bogor, Diduga Antara Sekuriti dan Pengunjung
Tren Penurunan Penggunaan Facebook dan X (Twitter)
Pew Research Center juga mencatat penurunan signifikan dalam penggunaan Facebook di kalangan Gen Z. Dalam sepuluh tahun terakhir, penggunaan Facebook oleh rema.